Tips Menabung THR untuk Membeli HP Baru

Tunjangan hari raya biasanya diberikan untuk kebutuhan lebaran. Tetapi, tidak jarang justru THR menjadi momen untuk membeli keinginan yang tertunda seperti membeli handphone baru. Supaya THR benar-benar bisa dimaksimalkan, ada beberapa tips dalam menabung terutama jika ditujukan untuk membeli hp baru.

Salah satu kendala yang biasanya dihadapi adalah jumlah THR tidak mencukupi sesuai dengan harga hp yang diinginkan. Maka, salah satu solusinya adalah dengan cara menabung yang sebagian besar bersumber dari THR. Lalu seperti apakah cara menabung dari THR dengan tujuan membeli hp baru? Simak tips dan ringkasan lengkapnya berikut ini;

Tentukan HP yang mau Dibeli

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menentukan hp yang mau dibeli mulai dari jenis dan harganya. Dari situlah kamu bisa mendapatkan gambaran berapa kira-kira dana yang harus disiapkan. Sebagai contoh jika kamu ingin membeli iPhone 15 terbaru di BLIBLI dibanderol sekitar Rp13.99 jutaan. Dari situlah muncul kisaran target tabungan yang harus kamu kumpulkan dari THR lebaran.

Jika ternyata THR lebaran tidak mencukupi, maka kamu harus bersabar dengan menabung terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Kamu bisa menabung setiap bulan sampai terkumpul dana yang diharapkan. Bisa didapatkan dari penghasilan yang kamu dapatkan tiap bulan dengan target yang sudah ditetapkan. Misalnya jika kamu punya modal Rp5 juta di lebaran kali ini, kamu bisa mulai menguatkan niat bahwa tahun depan kamu akan membeli iPhone baru seharga Rp14 jutaan.

Dengan meneguhkan niat seperti itu, diharapkan ada kekuatan dalam diri kamu untuk berkomitmen menyisihkan dari penghasilan bulanan untuk ditabung demi cita-cita mendapatkan iPhone baru.

Sesuaikan dengan Budget

Tentu saja semua pembelian harus disesuaikan dengan budget. Jika budget kamu Rp14 jutaan, bisa jadi kamu bisa membeli iPhone 16 tahun depan dengan harga yang kurang lebih tidak berbeda jauh. Malahan dengan persaingan ketat selama ini bisa jadi iPhone menurunkan harganya di tahun dengan untuk produk barunya.

Jika pun ternyata harganya naik, pasti selisihnya tidak akan terlalu jauh. Sehingga kamu bisa tetap mengumpulkan tabungan demi mendapatkan hp impian kamu.

Pastikan Fitur Sesuai Harapan dan Kebutuhan

Ketika membeli hp pastikan bahwa fitur dan spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai membeli handphone yang kelewat canggih tapi justru hanya digunakan untuk sebatas bermedia sosial dan pesan instan saja. Sehingga kebermanfaatannya kurang dirasakan. Berbeda jika smartphone yang dibeli benar-benar dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas sehingga manfaatnya pun akan lebih terasa dampaknya.

Jangan Nafsu Ketika Budget Belum Cukup

Salah satu pantangan ketika belanja adalah jangan pernah bernafsu membeli sesuatu yang mungkin bisa jadi tidak kamu perlukan pada saat itu. Apalagi jika memaksakan diri saat budget belum mencukupi. Sabar dan tahan saja dulu sampai benar-benar tabungan kamu terkumpul.

Lain halnya jika dalam kondisi darurat, kamu bisa mempertimbangkan memanfaatkan kredit hp cicilan bulanan. Misalnya hp lama kamu hilang atau terjadi kerusakan secara tiba-tiba sehingga kamu memerlukan penggantiannya segera.

Kredit hp pun jangan asal pilih layanan. Pilih yang bunga dan biayanya transparan seperti Kredivo. Selain itu Kredivo juga sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Bunga Kredivo termasuk yang paling rendah diantara perusahaan sejenis dengan bunga mulai dari 1.99% per bulannya. Jika kamu menjadi member premium, akan mendapatkan potensi limit pinjaman sampai dengan Rp50 juta yang bisa digunakan untuk pinjaman tunai maupun belanja cicilan.

Sisihkan Pendapatan di Awal bukan Sisa Pengeluaran

Banyak yang gagal dalam menabung karena hanya mengandalkan sisa-sisa pengeluaran bulanan. Cara paling tepat jika kamu ingin komitmen menabung adalah dengan menyisihkan di awal bulan seperti membayarkan arisan yang sifatnya wajib. Sehingga lambat laun akan terasa bahwa tabungan menjadi hal yang prioritas saat menerima gaji di awal bulan.