Sun. Jul 14th, 2024

Merubah Yamaha Vixion Menjadi Supermoto: Inovasi Terbaru di Dunia Modifikasi Motor

Hello, para pecinta otomotif! Jika Anda adalah seorang penggemar motor sport, pasti sudah tidak asing lagi dengan Yamaha Vixion. Motor ini dikenal sebagai salah satu motor sport yang tangguh dan bertenaga di kelasnya. Namun, bagaimana jika Anda ingin memberikan sentuhan personal pada motor Anda? Salah satu modifikasi yang bisa Anda coba adalah mengubah Yamaha Vixion menjadi supermoto.

Modifikasi Yamaha Vixion menjadi supermoto adalah salah satu tren terbaru di dunia modifikasi motor. Dengan mengubah motor Anda menjadi supermoto, Anda akan mendapatkan tampilan yang lebih sporty dan tangguh. Selain itu, modifikasi ini juga dapat meningkatkan performa dan handling motor Anda.

Sebelum memulai modifikasi, pastikan Anda memiliki budget yang cukup untuk melakukan perubahan tersebut. Anda juga harus memahami bahwa modifikasi motor tidak hanya sekedar merubah tampilan, tetapi juga memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengubah Yamaha Vixion menjadi supermoto yang keren:

1. Ganti Ban dan Velg

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengganti ban standar Yamaha Vixion dengan ban supermoto. Ban supermoto memiliki ciri khas yang berbeda dengan ban motor sport pada umumnya. Ban ini memiliki tapak lebar dan cenderung lebih besar, sehingga memberikan kestabilan dan traksi yang lebih baik saat melibas berbagai medan.

Selain itu, Anda juga perlu mengganti velg motor Anda dengan velg supermoto. Velg supermoto biasanya memiliki diameter yang lebih besar daripada velg standar, sehingga memberikan tampilan yang lebih gagah pada motor Anda.

2. Ubah Suspensi

Selanjutnya, Anda perlu mengubah suspensi motor Yamaha Vixion Anda. Suspensi standar pada Yamaha Vixion dirancang untuk digunakan di jalan raya, sedangkan suspensi supermoto lebih cocok untuk melibas medan off-road. Dengan mengganti suspensi, Anda akan mendapatkan handling yang lebih baik dan kenyamanan dalam berkendara di berbagai kondisi jalan.

Pastikan Anda memilih suspensi yang sesuai dengan bobot tubuh Anda dan gaya berkendara Anda. Anda juga dapat mengkonsultasikan dengan mekanik terpercaya untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat.

3. Modifikasi Bodywork

Untuk memberikan tampilan supermoto yang lebih keren pada Yamaha Vixion Anda, Anda juga dapat melakukan modifikasi pada bodywork motor. Anda dapat mengganti fairing dan undercowl dengan yang lebih sporty, serta menambahkan aksesori seperti crash bar dan hand guard untuk melengkapi tampilan supermoto.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk melakukan cat ulang pada motor Anda dengan warna yang lebih mencolok. Pilihlah warna yang sesuai dengan kepribadian Anda dan membuat motor Anda menjadi pusat perhatian di jalan.

4. Upgrade Rem dan Sistem Pengereman

Modifikasi Yamaha Vixion menjadi supermoto tidak lengkap tanpa mengupgrade sistem pengereman. Rem standar pada Yamaha Vixion mungkin sudah cukup baik untuk penggunaan di jalan raya, tetapi tidak mampu menangani kondisi off-road yang lebih ekstrem.

Anda dapat mengganti rem standar dengan rem yang lebih besar dan lebih kuat, serta menambahkan sistem pengereman seperti ABS (Anti-lock Braking System) untuk meningkatkan keamanan berkendara. Pastikan Anda memilih komponen rem yang berkualitas dan melakukan instalasi dengan benar.

Kesimpulan: Yamaha Vixion Supermoto, Tampilan Baru dengan Performa yang Lebih Tangguh

Modifikasi Yamaha Vixion menjadi supermoto adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memberikan sentuhan personal pada motor Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memiliki Yamaha Vixion dengan tampilan yang lebih sporty dan performa yang lebih tangguh.

Namun, sebelum melakukan modifikasi, pastikan Anda mempertimbangkan budget dan memilih bengkel modifikasi yang terpercaya. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Selamat mencoba modifikasi Yamaha Vixion Anda menjadi supermoto yang keren!

By Widodo