Sekolah Islam Terpadu, Sekolah dengan Fasilitas Lengkap

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya mendapatkan segala sesuatu yang terbaik termasuk pendidikan. Saat ini, pendidikan masih dianggap sebagai penentu utama kesuksesan seseorang. Oleh sebab itu, banyak orang tua berlomba-lomba mencari sekolah terbaik untuk anaknya.

Dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, ilmu pengetahuan saja dianggap belum cukup. Ilmu agama dan akhlak yang baik juga perlu ditanamkan sejak dini untuk menghadapi perkembangan tersebut.

Di sekolah, porsi belajar anak tentang ilmu pengetahuan lebih besar daripada ilmu agamanya. Untuk itu, perlu orang tua ketahui bahwa ada sekolah yang menawarkan pembelajaran ilmu pengetahuan dan agama secara seimbang. Sekolah tersebut adalah Sekolah Islam Terpadu.

Apa Sekolah Islam Terpadu itu?

Dilansir dari Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia, Sekolah Islam Terpadu merupakan sekolah yang menerapkan konsep pendidikan Islam berlandaskan Al Qur’an dan sunnah.

Dalam penerapannya, Sekolah Islam Terpadu memadukan pendidikan umum dan agama menjadi satu jalinan kurikulum. Semua mata pelajaran yang diajarkan berkaitan erat dengan nilai agama Islam.

Apa kelebihan bersekolah di Sekolah Islam Terpadu?

Orang tua yang berkeinginan anaknya pandai ilmu pengetahuan sekaligus agama pasti memilih Sekolah Islam Terpadu. Tidak hanya itu, beberapa kelebihan yang dimiliki Sekolah Islam Terpadu dibandingkan sekolah formal biasa juga menarik minat orang tua maupun anak.

Berikut beberapa kelebihan Sekolah Islam Terpadu yang perlu diketahui orang tua.

1.   Fasilitas yang Lengkap

Pada umumnya, kebanyakan Sekolah Islam Terpadu menyediakan fasilitas pendidikan bagi semua jenjang, mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga jenjang SMA. Bahkan ada pula Sekolah Islam Terpadu yang menyediakan hingga jenjang Perguruan Tinggi.

Sekolah Islam didukung tenaga pendidik yang berkualitas. Tidak hanya itu, fasilitas pendidikan yang disediakan tidak kalah lengkap dari sekolah formal lainnya. Fasilitas lengkap serta tenaga pendidik yang berkualitas akan sangat mendukung kualitas pendidikan yang akan diterima anak.

2.   Mengutamakan Ilmu Agama

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Sekolah Islam menjadikan agama patokan utama dalam kurikulumnya. Tidak hanya itu, Sekolah Islam biasanya menerapkan pembiasaan seperti sholat berjama’ah, hafalan do’a, hafalan Al Qur’an, dan lain sebagainya.

3.   Didukung banyaknya Kegiatan Positif

Kurikulum berbasis agama yang diterapkan di Sekolah Islam biasanya didukung oleh banyaknya kegiatan-kegiatan positif. Mulai dari kegiatan pembiasaan hingga kegiatan ekstrakurikuler yang tidak lepas dari naungan agama.

4.   Menghasilkan Siswa yang Berkarakter dan Berprestasi

Yang menjadi tujuan utama dari Sekolah Islam adalah terbentuknya akhlak siswa yang sesuai dengan ajaran agama. Upaya untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah kurikulum berbasis agama serta kegiatan-kegiatan positif lain yang diterapkan di Sekolah Islam.

Kegiatan pembelajaran yang selalu berkaitan dengan agama akan menjadikan siswa mempunyai karakter agamis. Tidak hanya berfokus pada akhlak saja, Sekolah Islam juga mampu menghasilkan siswa dengan prestasi yang baik di bidang pengetahuan.

Pilihan Sekolah Islam Terpadu di Daerah Bekasi

Bagi Anda yang tinggal di daerah Bekasi terutama kawasan Grand Wisata, bisa memilih 2 sekolah ternama yang menerapkan Sekolah Islam Terpadu. Kedua sekolah tersebut yaitu SMP Islam Al Azhar 44 dan SMA Al Azhar 18 Grand Wisata Bekasi.

Baik SMP maupun SMA Al Azhar Grand Wisata mempunyai kelebihan layaknya Sekolah Islam Terpadu yang telah dijelaskan sebelumnya. Kelebihan lain yang dapat ditemukan di SMP dan SMA Al Azhar Grand Wisata yaitu tempat tinggal yang nyaman bagi siswa yang berdomisili jauh.

Siswa yang ingin hidup mandiri dan bersekolah di Al Azhar Grand Wisata bisa menyewa maupun membeli hunian di kawasan Grand Wisata. Dengan berbagai kelebihan yang ada, siswa akan kerasan untuk menempuh pendidikan di sekolah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *