Tips  Mendapatkan Rumah Terbaik Di Area Pedesaan

Ada sebagian orang yang memang menyukai tinggal di area pedesaan dibanding kota. Salah satu alasannya tentu karena kehidupan di desa yang lebih asri dan nyaman dibanding hiruk-pikuk kota yang membuat penat.

Tidak heran bila, beberapa orang bahkan memilih berencana untuk tinggal di desa saat pensiun kelak. Memilih rumah di daerah pedesaan juga punya kelebihan yaitu harga rumahnya yang lebih murah. Namun perlu diketahui beberapa pertimbangan yang tepat agar bisa mendapatkan rumah terbaik di kampung.

Tips Memilih Rumah Di Pedesaan

Bagi sedang mencari rumah area pedesaan, namun masih bingung dengan kriteria rumah yang tepat Anda perlu beberapa tips seperti berikut ini.

1. Akses Yang Mudah

Meski sedang mencari rumah area perkampungan, namun bukan berarti aksesnya jadi susah jika ingin mengunjungi kota untuk berbagai kegiatan dan keperluan. Maka dari itu, penting bagi anda untuk memilih rumah pedesaan yang memiliki area jalan mulus dan lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Jika anda cermat memilih rumah kampung misalnya untuk area Semarang, Anda bisa menemukan agen atau orang secara individu yang jual rumah kampung murah di Semarang. Untuk harga rumahnya tentu saja bervariasi tergantung dari luas rumah, harga jual rumah di pedesaan dan lain-lain.

Memilih rumah di pedesaan dengan akses yang mudah di masa muda, memudahkan anda untuk berangkat kerja. Misalnya Anda bekerja di kantor yang berada di wilayah perkotaan, meski rumahnya di desa tapi jika aksesnya mudah tetap bisa berangkat ke kantor setiap hari tanpa terkendala.

2. Rumah Ramah Lingkungan

Meskipun sudah pasti bahwa rumah di area pedesaan lebih asri dan alami tapi tetap harus memilih lokasi rumah yang ada di area atau kawasan terpadu. Tidak hanya kenyamanannya saja, tapi perhatikan suasana lingkungan rumah apakah aman dan damai atau sering terjadi keributan.

Lokasi rumah yang sering terjadi konflik tentu membuat anda tidak nyaman meskipun areanya. Jadi tetap perhatikan bagaimana kondisi lingkungan rumah, apakah ramah lingkungan dari berbagai aspek atau tidak. Jika Anda tinggal bersama keluarga, maka perhatikan apakah rumah yang akan dibeli cocok untuk ditinggali anak-anak hingga lansia.

3. Desain Rumah Nyaman

Desain rumah juga wajib diperhatikan saat memilih perumahan di area desa. Jika anda tetap ingin memiliki rumah modern, tentu bisa saja dengan membeli rumah pedesaan lalu lakukan renovasi. Atau jika ingin rumah sederhana maka cukup membuat konsepnya minimalis.

Tapi jika anda mencari rumah pedesaan yang memiliki banyak tetangga, maka sesuaikan pula konsep rumah anda dengan penuh kesederhanaan. Hal ini tentu untuk mencegah kesenjangan sosial yang bisa saja terjadi, antara Anda orang baru dengan masyarakat pedesaan yang sudah tinggal lama di sana.

4. Ketahui Harga Pasaran

Meski harga rumah di area pedesaan jauh lebih murah, tapi tetap harus mengetahui harga pasaran rumah. Hal ini dapat membantu anda untuk mendapatkan harga terbaik dari rumah yang ingin dibeli di area perkampungan.

Jangan sampai Anda salah mengetahui harga dan malah merugi, sehingga bisa mendapatkan rumah dengan harga yang lebih mahal. Atau jika ingin membeli rumah sekalian tanah di sekitar, maka ketahui pula harga tanah pasaran sesuai area. Karena setiap daerah tentu punya harga pasaran tanah yang berbeda-beda.

5. Beli Rumah Sekalian Investasi

Jika Anda membeli rumah di pedesaan bukan hanya sekedar ingin ditempati tapi juga sekalian investasi maka pilih lokasi yang strategis. Usahakan Anda memilih lokasi rumah di perkampungan yang perkembangannya akan maju di beberapa tahun kedepan.

Sehingga jika rumah tersebut tidak ingin ditempati, saat desa mengalami kemajuan yang pesat maka harga rumah dan tanah yang Anda beli sebelumnya akan jauh lebih tinggi harganya. Dan tentu saja rumah tersebut bisa jadi sarana investasi yang tepat karena bisa anda jual ketika harganya naik.

Tentu saja dalam investasi properti, strategi seperti ini banyak dilakukan oleh orang-orang. Namun harus tetap teliti untuk menganalisa apakah dengan membeli rumah di area tersebut nantinya akan menguntungkan atau tidak.

Terlebih jika membeli rumah hanya sekedar untuk sarana investasi saja bukan untuk ditempati di masa yang akan datang.

6. Rumah Dekat Objek Wisata

Memilih rumah di pedesaan yang dekat dengan objek wisata juga menjadi opsi yang cukup bagus. Dengan begini, maka anda bisa berlibur kapan saja ke tempat-tempat wisata yang sudah ada di desa tersebut tanpa harus memikirkan biaya transportasi.

Atau bisa juga dengan membeli rumah di area pedesaan untuk dijadikan villa keluarga dan penginapan. Sangat mengasyikkan punya villa keluarga di area pedesaan yang dekat dengan objek wisata. Sehingga Anda tidak perlu memikirkan penginapan saat libur bersama keluarga.

Rumah penginapan ini tentu saja bisa dijadikan sebagai lahan bisnis apabila dikelola dengan baik. Jadi Anda bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus yaitu punya rumah pedesaan yang nyaman. Lalu keuntungan kedua adalah anda memiliki tempat penginapan yang juga nyaman dan asri, yang tentu saja bisa membuat anda memiliki pendapatan sampingan.

Itu tadi beberapa pertimbangan yang harus dilakukan jika ingin memilih rumah di daerah pedesaan. Rumah area perkampungan tentu saja sangat layak untuk dijadikan tempat tinggal dan juga sarana investasi yang menjanjikan.

Jika anda sedang mencari rumah area pedesaan, bisa memilihnya dari website properti terbaik yaitu Rumah.com.  Platform ini akan membantu anda untuk mendapatkan rumah dengan harga terbaik sesuai dengan jika sedang mencari rumah-rumah dengan harga yang terjangkau tepat sekali menggunakan platform Rumah.com ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *